Wajib Berbahasa Inggris di Kampus



MALANG - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mewajibkan mahasiswanya berbahasa Inggris selama berada di kampus. Tak hanya itu, sebelum lulus mahasiswa juga wajib menempuh tes bahasa Inggris dengan standar yang sudah ditetapkan universitas.
Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama Universitas Kanjuruhan (Unikama) Malang, Dr. H. Sudjito M.Pd menuturkan untuk mengawali program wajib bahasa Inggris untuk mahasiswa ini, digelar bernama English Community (EC). Program tersebut bekerjasama dengan lembaga Indocita Foundation yang menghadirkan sejumlah tutornya ke Unikama.
Selama tiga hari, Rabu (23/10)-Jumat (25/10), para tutor yang dua diantaranya adalah warga negara Jerman itu akan mengajak mahasiswa berlatih percakapan bahasa Inggris sehari-hari dalam sebuah tenda yang dipasang di halaman kampus.
”Untuk awal, EC diikuti mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris sebagai pelopornya. Kemudian akan dilanjutkan ke prodi yang lain,” ungkap Sudjito.  
Menurut Sudjito program wajib berbahasa Inggris ini merupakan amanat dari salah satu visi kampus menjadi kampus berwawasan global. Kemampuan berbahasa Inggris menjadi tuntutan penting yang wajib dimiliki mahasiswa. Sehingga lulusan Unikama nantinya tidak hanya mendapatkan ijazah sarjana saja tapi juga memiliki sertifikat bahasa Inggris. 

Pada kegiatan EC kemarin, mahasiswa diajak belajar dengan santai. Ada beberapa tenda yang didirikan di halaman rektorat, di dalam tenda itulah mahasiswa bersama para tutor belajar berbahasa Inggris. Selain itu mahasiswa juga dikenalkan dengan sejumlah kalimat magic mantra. Mantra yang dimaksudkan bukan untuk keperluan sihir, tapi sebenarnya merupakan rangkuman dari berbagai ungkapan dan ekspresi sehari-hari dalam bahasa Inggris
”Tutor membacakan dalam bahasa Indonesia sementara mahasiswa mengucapkan dengan bahasa Inggris, dengan mendengar dan mengucapkan maka mereka akan menjadi terbiasa,” ujar Avin Nadhir.
Sementara Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Unikama, Dr. Mujiono M.Pd mengungkapkan berbagai fasilitas dan program akan disiapkan untuk mendukung program yang dicanangkan kampus tersebut. Selain bekerjasama dengan Indocita, fakultas rencananya juga akan menggandeng kedutaan besar Amerika untuk bisa membuka American Corner di Unikama. ”Kami akan berkunjung ke Kedutaan Besar Amerika untuk persiapan pembukaan American Corner tersebut,” pungkasnya. (oci/nda)
 
Sumber: Malang Pos

3 komentar:

  1. kemarin aku tak sengaja melihat mereka...eh, ternyata feeling ku benar dari rumah cerdas...

    BalasHapus
  2. Indocita Goes to Collage....dalam upaya menciptakan lingkungan berbahasa inggris di kampus Kanjuruhan Malang.

    BalasHapus
  3. Indocita Goes to Collage....dalam upaya menciptakan lingkungan berbahasa inggris di kampus Kanjuruhan Malang.

    BalasHapus